Mungkin ini juga termasuk salah satu dari yang dimaksud dengan ” pelayanan diri tanpa kompromi ”.
Bisa saja yang lain menganggap ini hal biasa , tapi menurut saya adalah luar biasa .
Di sebuah penyabrangan jalan tanpa rambu-rambu tepatnya di dekat tempat tinggal sekaligus tempat kerja saya yaitu di South Horizon , Hongkong , di situ hanya ada dua buah lampu saling bersebrangan berkedip-kedip sebagai peringatan ‘berhati-hatilah !’ untuk para penyebrang jalan dan di situ juga dekat dengan tempat pemberhentian bus .
Sewaktu saya hendak menyebrang jalan sendirian , karna saya lihat waktu itu tidak ada orang lain yang ikut nyebrang , sebuah bus berjalan setelah menurunkan penumpang dan akhirnya berhenti ketika melihat saya hendak lewat , hal yang wajar , tapi yang membuat saya merasa diperlakukan seperti tamu agung adalah saat si Sopir , kira-kira berumur 50-an tahun kalau saya tidak salah lihat waktu itu karna malam dan agak gelap , dia mempersilahkan saya berlalu dengan tangan mengayun seperti mempersilahkan orang terhormat , kemudian saya pun berlalu hingga sampai di trotar , tanpa saya sadari ternyata pandangan si Sopir itu mengikuti langkah saya sabil tersenyum , setelah agak dekat saya berada di samping bus itu baru saya menoleh ke arah Sopir itu dan membalas senyumnya sebagai ucapan terimakasih sembari mengangguk dan dia pun membalas dengan mengangguk-angguk , tidak lama kemudian bus itupun berlalu .
Sebuah motto hidup saya temukan dalam buku yang masih tengah saya baca karya Stephen R. Covey , bahwa pelayanan diri tanpa kompromi adalah pelayanan yang diberikan dengan cara yang sangat mengesankan dan baik sekali , namun pelayananya sulalu bersifat pribadi dan atas inisiatif sendiri .
Dari sedikit cerita di atas , karna ini lain dari kebanyakan fenomen yang sering saya temui di jalan , jadi saya anggap luar biasa sebagai salah satu bentuk pernyataan yang benar-benar mencerminkan visi dan nilai bersama dari setiap orang dalam sebuah organisasi menciptakan suatu budaya di mana setiap orang begitu terlibat dalam nilai pelayanan pelanggan .
0 komentar:
Posting Komentar